Gw pernah berhayal seandainya torrent klien, itu punya AI (Artificial Intelligence) sederhana saja gak usah keminter atau terlalu pinter🙂 cukup AI untuk mengetahui download mana yang lebih cepat selesai dan lebih kencang koneksinya. Silahkan lihat gambar berikut.

download pake utorrent

Gambar diatas memperlihatkan apa yang sedang gw download, seandainya torrent klien yang gw gunakan sedikit cerdas mungkin dia akan berpikiran seperti gw, yaitu mencoba antrian berikutnya mungkin lebih cepat selesainya atau mungkin dapat kecepatan lebih dari yang sekarang berjalan. lihat gambar berikutnya

utorrent

Bila gw mengikuti gambar pertama antrian download sebesar 343Mb itu akan didownload 2 jam 57 menit kemudian setelah download yang 703Mb selesai, tapi dengan mengganti urutan antrian maka file yang seharusnya selesai 2 jam 57 menit kemudian selesai dalam waktu 1 Jam 37 menit kemudian dilanjutkan mendownload file yang sebesar 4Giga tadi. Jadi jelas sekali dengan mengganti urutan antrian, download jadi lebih efektif.
AI semacam inilah yang gw butuhkan, ada teman-teman yang tau kira-kira torrent klien apa yang cukup cerdas untuk urusan download? atau kita laporkan saja sebagai feature requests?

Sepanjang pengalaman berdownload ria dengan berbagai macam torrent klien AI mereka hanya sebatas melacak tracker yang tidak respon atau download tidak berjalan sempurna untuk melanjutkan/loncat ke antrian berikutnya.