Komunitas anime yang baru seumur jagung ini mulai berkembang, dari anggota milis yang terus bertambah, menterjemahkan Death Note anime ke bahasa Indonesia, sampai jumlah koleksi yang terus membengkak.

Prinsip share fans-to-fans yang diterapkan sering kali dicemooh, bahkan ada email personal yang bilang tolol soal fans-to-fans ini😀.
Misi id-anime sebetulnya sama dengan Misi Fansub itu sendiri yaitu share anime among other, ini semua terjadi karena lambannya distribusi anime yang lewat jalur resmi, atau lambannya anime yang ditunggu untuk diputar di televisi lokal.

Mengapa anggota id-anime membagikan anime koleksi mereka secara gratis? Apa benefitnya?

Mengapa gratis? Jawabnya simple kami tidak pernah membeli anime bootleg, bandwith bukanlah masalah, karena memakai bandwith nganggur yang ada dikantor. Jadi tidak ada uang sepeserpun untuk mendapatkan anime.

Benefitnya? Banyak sekali, berikut beberapa diantarnya.

Numpang titip A.K.A numpang backup, itung – itung dengan sharing sesama teman id-anime kita numpang backup anime ke mereka, jadi kalau anime kita error tinggal kontak – kontak lagi.

Memperbaiki Koleksi, mungkin kita bangga dengan koleksi kita sekarang, tapi koleksi teman yang lain lebih baik dari kita, resolusi lebih tinggi, koleksi seragam, bahkan crcnya cocok dengan aslinya.

Menambah Koleksi dan Teman, aksi tukar menukar koleksi jelas akan menambah jumlah koleksi dan teman sehobi.

You Sell We Share, aksi ini pelan – pelan membunuh para pedagang anime. bootleg.

Nah kendala yang ditemui juga banyak yang paling menonjol ada 3.

Bandwith, Terus terang bandwith adalah barang mahal, jadi cuma mereka yang kerja dikantor yang berlimpah bandwith yang bisa menyediakan anime – anime terbaru, sudah begini tidak semua dari mereka yang punya bandwith mau berbagi😦

Spase, Tempat penyimpanan terus menyusut seiring dengan bertambahnya koleksi, donatur untuk spase amat sangat diperlukan. 1 hari bisa lebih dari 5-6Giga episode baru, bisa dibayangkan 1 minggu koleksi bertambah sekitar 40Giga, kalo 1 bulan?

Pengertian, Memang meminta koleksi antar anggota sah – sah saja karena itu memang tujuannya, tapi terkadang ada juga yang tidak mau berbagi padahal anggota lain sudah berbaik hati membagikan koleksinya.

Namanya juga komunitas, tidak semua isi kepala dan pandangan sama, tidak seperti anime yang CRCnya bisa sama semua🙂 yang penting kita punya misi dan visi yang sama, tidak mendukung bootlegs dan saling bertukar informasi soal anime.