Judul diatas seperti iklan rokok, ya maap kalo yang punya iklan merasa dirugikan.

Bootleg, makluk ini selalu bikin jengkel, senewen, naek pitam, pokoknya yang jelek – jelek deh. Sebetulnya apa sih bootleg itu dan gimana ciri – cirinya?

Simplenya bootleg adalah anime atau filem atau lagu (bisa juga manga) hasil fansub yang dijual dengan harga miring, ya berbagai alasan dibelakangnya yang paling klasik adalah alasan koneksi internet. Ya bukan rahasia umum lagi kalau koneksi internet di Indonesia itu lemot setengah mampus, jadi membanjirlah bootleg seperti sekarang ini, belum lagi tv swasta yang tidak bisa membendung hasrat para maniak anime dinegeri ini.
Hebatnya lagi beberapa maniak anime terkadang tidak peduli dengan maniak lainnya😦 tidak mau berbagi koleksi sesama maniak, dengan alesan udah cape download atau keluar duit karena beli bootleg tadi. Dari kondisi seperti ini id-anime lahir, sebuah komunitas anime yang tidak memungut biaya apapun untuk tiap koleksinya; bagaimana bisa? next time gw cerita soal id-anime.

Untuk anime bootleg bisa berbentuk vcd, dvd atau seperti apa adanya file tersebut (avi/mkv/ogm/etc). Mereka tidak menghiraukan notifikasi dari fansub yang disisipkan dalam anime – anime yang mereka subtitle-kan, penjual seakan buta atau memang tidak tahu kenapa dan bagaimana atau untuk apa fansub itu ada, ya diotak mereka cuma duit.

Trus ciri – cirinya, baca deh di forumnya virtualinfusion.net